G & I Tutorial

Gimp dan Inkscape Tutorial

Gimp : Brush, Brush, Brush…

with 6 comments

tutorial Gimp ini kita akan bahas tentang brush di gimp. kita bahas bagaimana install brush baru di gimp, pakai property fade out dan apply jitter di brush.

kita akan pake brush baru namanya abstract brush vol. 2 oleh rubina119, silahkan download disini.

untuk install brush yang baru di download, di gimp File -> Preferences, expand folders lalu klik di Brushes. disitu ada folder tempat brush disimpan, tinggal paste file brush yang baru didownload ke folder tersebut.

setelah tekan OK ada alert kalo gimp harus di restart, sebenernya sih gak perlu tinggal klik tombol refresh di pojok kanan bawah trus brush baru keluar deh…😀

gambar 2

pastikan warna foreground putih dan warna backgroundnya hitam gambar 3 lalu bikin document baru, File -> New ( Ctrl + N ).

bikin layer baru ( Shift + Ctrl + N ). lalu bikin art work brush ( P ) dengan brush baru lalu rotasi rotate tool ( Shift + R ), dengan move tool move tool ( M ) geser ke pojok kanan bawah.

gambar 4

tambahkan lagi 2 art work lagi dengan brush tool ( P ) biar keliatan rame😀 tapi jangan lupa untuk add new layer biar mudah untuk ngaturnya,rotasi lagi dan geser ke kanan bawah. hasilnya seperti gambar dibawah…

gambar 5

setelah selesai, gabungkan layer-layer art work yang kita bikin dengan brush. klik kanan pada layer yang paling atas lalu klik Merge Down, gabungkan lagi hingga tinggal satu layer. lalu rename menjadi absract brush

gambar 6

bikin text dengan text tool text tool ( T )

pada layer window sejauh ini layer yang kita bikin ada 3 seperti gambar dibawah

gambar 8

tambahkan layer baru ( Shift + Ctrl + N ) namakan dengan dot lalu geser kebawah layer text

gambar 9

baru sekarang kita akan main-main dengan property brush di gimp. pertama dengan brush tool ( P ) bikin lingkarang yang cukup besar di awal text, ini untuk “kepalanya”.

setelah itu beri tanda centang di Fade out dan atur Length-nya menjadi 600px lalu centangin juga Apply jitter dan atur Amountnya menjadi 5 dan Spacing menjadi 30

gambar 10gambar 11

perkecil ukuran brush ( [ ), klik dari lingkarang yang besar lalu drag ke arah art work yang kita bikin dengan brush untuk bikin “buntutnya”, nge-drag-nya jangan lurus yah… sedikit melengkung biar bagus…😀

gambar 12

bikin layer baru lagi ( Shift + Ctrl + N ) namakan dengan warna. drag layer warna ke bawah layer abstract brush.

dengan brush tool ( P ) ganti mode brushnya dengan Circle Fuzzy. lalu mulai gambar dengan 3 warna, warnanya apa aja suka-suka, bikin goresannya serandom mungkin, seperti gambar dibawah…

gambar 13

di layer window, klik kanan layer abstract brush, pilih Alpha to Selection. lalu klik kanan pada layer warna, pilih Add Layer Mask…

gambar 14gambar 15

di Add Layer Mask windows pilih Selection, lalu klik Add

gambar 16

hasilnya akan seperti dibawah, art work yang kita bikin dengan brush baru menjadi berwarna…😀

gambar 16-2

untuk layer dot dan layer textnya sama caranya dengan cara diatas…

klik kanan pada layer warna, pilih Duplicate Layer. pada layer warna copy klik kanan lalu pilih Delete Layer Mask.

klik kanan lagi pada layer dot, pilih Alpha to Selection lalu klik Select -> Grow masukkan nilai 2 untuk memperbesar selection 2 pixels

gambar 17

klik kanan lagi pada layer warna copy, pilih Add Layer Mask… hasilnya akan seperti gambar dibawah…

gambar 17-2

dan terakhir gunakan cara yang sama seperti diatas untuk menerapkan warna pada text…

hasil akhirnya seperti gambar dibawah…

dan layernya setelah selesai semuanya jadi seperti gambar dibawah…

gambar 18

ok slamat mencoba…🙂

download versi PDF

Written by kanigarabox

May 11, 2008 at 9:12 am

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. mas,.. saya baru saja coba2 gimp, tanya dunk tentang brush pressure option di gimp,..
    kok fitur tablet spt genius atau wacom ga keluar d gimp,..

    jerry

    November 25, 2008 at 12:23 am

  2. hehehehe, saya gak punya dan gak pernah nyoba wacom

    tapi mungkin bung Jerry bisa di GimpTalk

    disitu ada cara pake wacom di linux dan setting Gimp-nya, maaf saya gak bisa coba dulu tutorialnya😀 ,

    semoga membantu🙂

    kanigarabox

    November 28, 2008 at 1:25 pm

  3. kog ga bisa sih.. hiks hiks hiks
    abis di download, terus di apain lagi, huhu
    ak baru nyoba install, eh semua brush yang awalnya ada malah ilang.. huhuhu😦

    aLiefha putri raheema

    March 23, 2009 at 11:12 am

  4. mau nanya donk.. dari awal saya instal GIMP sampe sekarang saya blm berhasi membesarkan ukuran BRUSH dengan menggunakan short cut ([ atau ]) mohon petunjuknya..

    Daniel

    January 19, 2010 at 6:08 am

    • hehehe kok bisa?

      coba di cek di Edit -> Keyboard Shortcuts -> Tools
      di Decrease Value 2 seharusnya ( [ ) dan di Increase Value 2 seharusnya ( ] )

      mungkin gak sengaja ke disabled😀

      kanigarabox

      January 20, 2010 at 1:25 pm

  5. sip… mantap abis…

    tofa pujasakti

    October 8, 2010 at 8:46 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: