G & I Tutorial

Gimp dan Inkscape Tutorial

Inkscape : Simple 3D Icon

with 8 comments

simple 3D icon

di tutorial Inkscape ini kita akan bikin simple icon 3 dimensi. kita akan menggunakan efek perspective dan interpolate buat efek 3D-nya.

ok kita mulai aja yah…

pertama kita aktifkan grid View -> Grid ( Ctrl + 3 ). bikin lingkarang 100×100 px, duplicate ( Ctrl + D ) dan resize menjadi 90×90 px. warnain dengan warna kuning. geser lingkaran baru ke tengah, karena kita mengaktifkan grid maka objek langsung snap ke grid-nya. setelah itu seleksi kedua objek ( Shift + click ) lalu Path -> Difference ( Ctrl + – ).

gambar 1

dengan text tool ( F8 ) ketik 4 dan D. disini aku gunakan font Bitstream Vera Sans. atur textnya seperti pada gambar. seleksi 4 dan D lalu Path -> Union ( Ctrl + + ).

gambar 2

setelah text di union, union lagi dengan lingkarannya, pastikan kepalanya 4 nempel sama lingkarannya, begitu juga D-nya.

gambar 3

sekarang kita bikin path untuk perspective. gunakan bezier tool ( Shift + F6 ) gambar kotak seperti gambar dibawah. harus sesuai urutannya mulai dari pojok kiri bawah, soalnya kalo nggak sesuai urutan hasil perspectivenya akan beda.
titik/node 1: 2 kotak ke kanan dan 2 kotak ke atas,
titik 2 : 2 kotak ke kanan dan 2 kotak kebawah,
titik 3 : 2 kotak ke kiri,
titik 4 : 2 kotak ke kiri

gambar 4

seleksi kedua objek, klik objek 4D lalu Shift + klik path. Effects -> Modify Path -> Perspective.

gambar 5

objek 4D akan mengikuti bentuk path ( perspective ). jangan lupa, untuk menggunakan efek perspective, objek harus diubah dulu menjadi Path, Path -> Object to Path ( Shift + Ctrl + C ). misalnya ingin menggunakan efek perspective pada text, maka textnya harus diubah dulu menjadi Path.

diatas nggak ada langkah Path -> Object to Path karena pada saat text di union maka text otomatis berubah menjadi Path.

selanjutnya duplikasi ( Ctrl + D ) 4D-nya, warnain dengan warna oranye, geser menggunakan arrow key ke kanan 2 kali dan kebawah sekali, lalu lower selection one step/taruh di belakang ( PgDown ). ( yang masih menggunakan Inkscape 0.45, jangan di lower selection one step/ jangan tekan ( PgDown ) )

gambar 6

seleksi keduanya lalu Effects -> Generate from Path -> Interpolate… dan atur propertynya seperti dibawah. pastikan Interpolate style (experimental)-nya di centang.

dan hasilnya akan seperti dibawah…

gambar 7

effek interpolate sebenernya menyisipkan 20 objek baru antara kedua objek, untuk lebih jelasnya tentang interpolate bisa lihat disini.

terakhir untuk mempercantik icon-nya kita tambahkan efek cahaya…

apabila kita klik objeknya maka kita bisa liat di status barnya ( di paling bawah ) kalo objeknya itu group dari 20 objek, untuk itu kita ungroup ( Shift + Ctrl + G ) objeknya.

gambar 8

bikin path lagi dengan bezier tool ( Shift + F6 ) seperti gambar dibawah. lalu Fill dengan warna putih

gambar 9

duplikasi 4D yang warna kuning ( yang paling atas ).

gambar 10

seleksi objek duplikasi dengan path yang baru kita bikin, lalu Path -> Intersection ( Ctrl + * ).

gambar 11

remove strokenya, klik kanan pada stroke status bar ( yang paling bawah ) lalu Remove stroke.

gunakan tool ( Ctrl + F1 ) untuk mengedit gradient objeknya dan atur seperti gambar dibawah…

gambar 12

hasil akhirnya akan seperti ini…

dan sedikit variasinya….๐Ÿ˜€

—————————-

Spektrum

——————————-

dan satu lagi yang asik dari efek Interpolate adalah kita bisa bikin garis spektrum. kita bahas ini secara singkat aja yah…

pertama buka Document Properties ( Shift + Ctrl + D ) lalu ganti background Document-nya menjadi warna hitam, soalnya efek ini bagus kalau backgroundnya warna hitam, dan ukurannya menjadi 300×100 px ( sebenernya sih ukurannya terserah๐Ÿ˜€ ).

bikin 2 buah garis dengan bezier tool ( Shift + F6 ) lalu warnain dengan warna kuning dan merah

seleksi keduanya lalu Effects -> Generate from Path -> Interpolate… namun kali ini Interpolation steps-nya diisi dengan 5

duplikasi ( Ctrl + D ) semuanya lalu ganti lebar stroke menjadi 3 px di Fill and Stroke dialogbox ( Shift + Ctrl + F ) dan blur 2px dan ganti Opacitynya menjadi 80%

setelah selesai Object -> Lower to Bottom ( End ) ini untuk memberikan effek kilauan pada garis…

hasil akhirnya akan seperti dibawah… bagus kan dengan langkah sederhana….๐Ÿ˜€

selamat berkreasi…

download versi PDF

Written by kanigarabox

May 1, 2008 at 12:32 pm

8 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Thx a lot for the Spektrum, cool tutorial mate

    sniper

    May 28, 2008 at 10:13 am

  2. wah, keren nih. tengkyu tengkyu. yang ini juga keren:
    http://inkscapetutorials.blogspot.com/2009/02/ultra-cool-pixel-tux-logo.html

    artworkbean

    March 11, 2009 at 7:43 pm

  3. wah cukup menarik juga petunjuknya trims ya

    er'el

    June 23, 2009 at 4:40 pm

  4. spektrumnya keren sekali

    Kokok

    August 7, 2011 at 3:21 pm

  5. […] 3D Icon 3D […]

    Pelangi

    August 9, 2011 at 12:34 am

  6. Sangat bagus. Saya pernah berkunjung ke sini, lupa, lalu sekarang saya dapatkan lagi via Google. Sangat berguna.

    Inkscape saya tidak memiliki menu Efek. Bagaimana bisa efek Perspektif dan Interpolasi saya gunakan?
    Saya gunakan Inkscape 0.48.

    Ade Malsasa Akbar

    November 10, 2011 at 3:47 am

    • wah saya juga baru sadar menunya berubah…๐Ÿ˜€

      klo untuk perspektif ada di Ekstensions -> Modify Path -> perspektif
      dan interpolasi ada di Ekstensions -> Generate from Path -> Interpolate..

      kanigarabox

      November 15, 2011 at 12:56 am

  7. Mantap…

    Saya juga punya beberapa artikel inkscape http://www.desainew.com/

    Irfan P

    August 5, 2014 at 11:54 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: