G & I Tutorial

Gimp dan Inkscape Tutorial

Gimp : Selection di Gimp

with 15 comments

selain dengan menggunakan free selection tool ( F ) dan menggunakan metode Alpha to Selection untuk seleksi, masih ada 3 cara lagi buat selection di Gimp yaitu dengan menggunakan quick mask, path tool , dan algoritma SIOX. di tutorial Gimp kali ini kita akan ngebahas ketiga-tiganya.

untuk gambar, kita pakai Frank Lampard dapet dari google

ok langsung aja kita mulai

————————————

Menggunakan Quick Mask

—————————————-

untuk mengaktifkan quick mask tinggal nge-klik toggle quick mask pada pojok kiri bawah window image atau dengan menggunakann shortcut ( Shift + Q ).

setelah diaktifkan gambar akan jadi merah seperti gambar di bawah. kalo mau ganti warna pada quick masknya ( selain merah ) tinggal klik kanan pada toggle quick mask trus Configure Color and Opacity…

quick mask 1

untuk memulai seleksi gunakan paintbrush tool ( P ) dan pastikan warna foregroundnya putih . trus tinggal paintbrush deh gambar yang mau di seleksi, kalo ada kesalahan tinggal balikin ajah warnanya, foregroundnya menjadi warna item trus paintbrush lagi untuk koreksi…

shortcut penting :
[ = untuk memperkecil ukuran brush
] = untuk memperbesar ukuran brush
+ = untuk zoom in
= untuk zoom out

hasilnya akan seperti dibawah… jangan lupa untuk zoom in untuk detail-detail yang kecil

apabila udah selesai tinggal matikan lagi toggle quickmasknya yang ada di pojok kiri bawah atau tekan Shift + Q, maka otomatis akan menjadi selection. dan apabila pengen koreksi lagi yang tinggal aktifin lagi deh…๐Ÿ˜€

——————————————–

Menggunakan Paths tool

————————————————–

cara yang ke dua pake paths tool ( B ), bikin node-node disekitar gambar yang akan di seleksi, lalu untuk menutup path yang kita buat tekan Ctrl + klik ke node yang pertama kita buat

secara kasar path yang saya buat seperti gambar di bawah. apabila ingin nambah node pada garis yang kita buat, klik + Ctrl pada garis/path, maka node baru akan kebentuk…

untuk ngedit path/garisnya supaya bengkok/melingkar tinggal click n drag aja garis ke arah luar, maka otomatis garisnya akan melengkung. lalu gunakan handlenya untuk mengkoreksi lengkungan garis

setelah selesai tinggal tekan enter, maka otomatis path yang kita bikin jadi selection. untuk menghilangkan pathnya ganti ajah tool yang kita pake dengan tool lain maka otomatis path ilang tinggal selectionnya aja.

tapi kalo ngerasa kurang dengan selectionnya dan mau edit lagi pathnya tinggal deselection ( Shift + Ctrl + A ) lalu di layer window klik Open the paths dialog lalu aktifkan lagi path yang baru aja kita bikin

lalu dengan Paths tool ( B ) klik pada path/garisnya ( crusor akan berubah / ada icon tangannya ) trus edit lagi deh…

——————————-

Menggunakan SIOX

————————————

cara yang ketiga adalah dengan menggunakan algoritma SIOX ( Simpe Interactive Object Extraction ) atau dengan foreground select tool .

SIOX adalah algoritma yang mampu mengekstrasi gambar foreground dari foto dengan sedikit interaksi ( wiki )

ketika menggunakan tool pertama cursor akan seperti tool . artinya kita pertama kali harus menentukan area yang akan di ekstrak/seleksi foregroundnya. pastikan kita bikin areanya meliputi “Lampard”. gambar akan seperti dibawah…

setelah menentukan areanya cursor akan berubah menjadi , semua shortcut paintbrush tool juga bisa dipake disini. lalu paint/warnain “Lampar” atau gambar foregroundnya. usahakan warna yang ada di foregroundnya di paint semua ( lihat gambar bawah )

setelah selesai maka otomatis “Lampard” terseleksi seperti gambar dibawah. emang masih butuh sedikit perbaikan karena banyak warna background yang sama dengan gambar foregroundnya.

untuk memperbaiki seleksinya gunakan tool , tahan Ctrl ( cursor menjadi seperti ini ) dan drag area untuk menghilangkan area seleksi, dan tahan Shift ( cursor menjadi seperti ini ) untuk menambahkan area seleksi

setelah di koreksi dikit hasilnya akan seperti gambar dibawah

setelah di seleksi, Select -> Feather… trus masukin nilai 20 pixel, Select -> Invert ( Ctrl + I ), lalu Effects -> Blur -> Motion Blur dan pilih Zoom… jadi deh efek zoom pada “Lampard”๐Ÿ˜€

download versi PDF

Written by kanigarabox

April 18, 2008 at 4:38 pm

15 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. tutorial bagus, sangat membantu…

    spasidesign

    May 22, 2008 at 4:28 am

  2. Good,,,๐Ÿ™‚

    ilmugrafis

    May 28, 2008 at 2:13 pm

  3. Somehow i missed the point. Probably lost in translation๐Ÿ™‚ Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Tahoe
    .

    Tahoe

    June 18, 2008 at 6:10 pm

  4. hi, thanx and sorry…๐Ÿ˜€

    I made this blog because there is no inkscape and gimp tutorial using bahasa Indonesia in internet

    kanigarabox

    June 20, 2008 at 10:05 am

  5. matur kasih tutorialnya. mantab

    mbahnya

    August 3, 2008 at 11:42 pm

  6. terus kalo mau save hasil seleksinya aja bagaimana ?

    (maksudnya lampard-nya doang) backgroundnya ga usah๐Ÿ˜€

    rio2000

    March 14, 2009 at 8:42 am

  7. muantappppp… pokoke maknyus… teng q lagi atas tutornya mas..

    cemynotes

    March 25, 2009 at 7:32 am

  8. mantabs tutorialnya…thanks

    Tedy

    August 22, 2009 at 4:32 pm

  9. menu efect di mana koplok… yag jelas kalau ngasih tau bikin penasaran

    iwan

    October 31, 2009 at 10:05 am

    • ^^ maaf tapi disinikan yang dibahas selection di gimp bukan gimana ngasih efeknya… tapi dijelasin singkat aja yah…
      1. setelah diseleksi gambarnya, klik Select -> Feather.. masukin nilai berapa aja
      2. select -> Invert, trus Filters -> Blur -> Motion Blur… pilih Blur Type-nya yang Zoom.. trus klik ok

      ^^

      kanigarabox

      November 24, 2009 at 7:18 am

  10. Mantap bgt bang tutorial nya,,,makasih yh .!!
    selalu d tunggu untuk update yang lain,,,caaw

    Iwan

    December 25, 2009 at 5:59 pm

  11. siiip tutorialnya..

    Andre Lao

    April 2, 2010 at 10:57 am

  12. mantafff tangkyu tutornya

    fd

    June 10, 2010 at 10:23 am

  13. cara cepat ngilangi seleksinya gimana ? klo sotosop kan tinggal ctrl + D

    lutfi

    November 28, 2010 at 4:03 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: